Laksanakan Study Banding ke LAZ Harfa, LAZ Zakat Sukses Raih Insight Pendayagunaan

alt text

LAZ Zakat Sukses, Lembaga Amil Zakat di Kota Depok, Prov. Jawa Barat melakukan kunjungan ke LAZ Harapan Dhuafa, 24 Januari 2023.

Kunjungan tersebut dalam rangka study banding Tim Pendistribusian dan Pendayagunaan sekaligus guna menyambung silaturahmi dan menambah wawasan tentang bagaimana mengubah mustahik menjadi muzakki di LAZ Harapan Dhuafa.

Kunjungan dimulai dengan diskusi tentang bagaimana LAZ Harapan Dhuafa berhasil mengubah mustahik menjadi muzakki serta pemaparan program pemberdayaan unggulan yang telah dilakukan LAZ Harapan Dhuafa.

Muhammad Rizki Akbar, Manajer Program LAZ Zakat Sukses menjelaskan bahwa pihaknya memilih LAZ Harfa sebagai menu upgrading di tahun ini karena LAZ Harfa mendapatkan SDGs Awards dan itu menjadi suatu hal yang baru.

“Alhamdulillah LAZ Zakat Sukses mendapatkan kesempatan untuk belajar banyak dari LAZ Harapan Dhuafa khususnya terkait dengan pengelolaan program. Insight yang kami dapatkan sangat berharga khususnya untuk pengelolaan desa harapan dan program sanitasi,” tutur Akbar.

Akbar melanjutkan, pihaknya akan berusaha menerapkan materi-materi yang didapatkan dari LAZ Harapan Dhuafa terutama semangat untuk mengubah mustahik menjadi muzakki.

Didampingi langsung oleh Direktur Utama LAZ Harapan Dhuafa, Direktur Program dan kemitraan serta Perwakilan tim LAZ Harapan Dhuafa, Tim Pendistribusian dan Pendayagunaan LAZ Zakat Sukses juga berkeliling untuk melihat langsung fasilitas Rumah Qur’an Harfa yang saat ini sedang dalam tahap pengembangan dan perluasan.

Mamak Jamaksari, Direktur Program dan Kemitraan LAZ Harfa menjelaskan bahwa LAZ Zakat Sukses menjadi salah satu lembaga zakat skala Kota yang sedang bergerak menuju skala Provinsi datang mengunjungi LAZ Harfa untuk melakukan sharing khususnya tentang bagaimana mengubah mustahik menjadi muzakki.

“Kunjungan tim LAZ Zakat Sukses salah satunya untuk sharing pengalaman dan pembelajaran tentang bagaimana mengubah mustahik menjadi muzakki seperti yang telah berhasil dilakukan oleh LAZ Harfa. Kita memberikan pemahaman bahwa itu semua melalui proses yang sangat panjang dan membutuhkan effort yang luar biasa, tutur Mamak.

Saat kegiatan sharing berlangsung, tim LAZ Harapan Dhuafa menjelaskan bagaimana alur dan proses-proses yang dilalui dengan cukup panjang dengan dampingan langsung oleh field fasilitator sampai seorang mustahik bisa menjadi muzakki.


Dari kunjungan yang dilakukan, LAZ Zakat Sukses mendapatkan banyak insight terkait upaya yang dilakukan untuk menyelaraskan program pendayagunaan dari perbaznas bahwa tujuan dari program pendayagunaan adalah untuk menjadikan mustahik dan muzakki dengan melihat beberapa contoh aplikasi program dari LAZ Harapan Dhuafa baik dibidang Ekonomi, Pendidikan dan Kesehatan.

Kedepannya, LAZ Zakat Sukses ingin mengadakan kunjungan langsung ke Desa Harapan atau Desa Binaan LAZ Harapan Dhuafa untuk melihat langsung proses dan tahapan pemberdayaan yang dilakukan oleh pendamping/field fasilitator yang ada di Desa binaan.

Share: