Keutaman Sedekah di Tengah Kesulitan dan Kesusahan

Responsive image

Disaat kita memiliki banyak uang dan berkecukupan, mungkin bukan hal sulit untuk sekedar berbagi kepada orang lain, tapi bagaimana bila saat sedang sulit justru malah berbagi dan sedekah kepada yang lain.  Orang yang bersedekah di waktu lapang itu biasa. Tetapi bersedekah di waktu susah itu luar biasa. Dan itu adalah salah satu dari ciri hamba-hamba yang bertaqwa, seperti yang difirmankan oleh Allah dalam Quran Surat Ali ‘Imran Ayat 134

 (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

Menurut tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

Yang menderma di waktu senang dan susah, dan menahan marah, dan memaafkan manusia; dan Allah itu kasih kepada mereka yang berbuat kebajikan.

itu pula yang kemudian menjadi landasan dan motivasi dari LAZ Harapan Dhuafa untuk mengajak #Orangbaik agar bisa saling peduli kepada sesama, khususnya kepada mereka yang membutuhkan serta merasakan kesulitan akibat dampak pandemi Covid-19. Salah satunya seperti bantuan pangan paket sembako untuk para santri dhuafa, yang berada di pondok pesantren di daerah pelosok, saat ini mereka mengalami kesulitan dalam penyediaan pangan untuk para santri, padahal kebutuhan pangan adalah kebutuhan dasar yang paling urgent.

Dan ini adalah sebuah kesempatan amal jariyah yang sungguh luar biasa, Ketika sedekah kita diberikan untuk membeli beras kepada para santri, kemudian santri tersebut mendapatkan asupan energi dari makanan atau pangan melalui sedekah yang kita berikan, lalu ia belajar membaca Quran, ia sholat, dzikir, mempelajari ilmu KeIslaman, maka kita pun insyaallah mendapatkan pahalanya. Apalagi bila Al-Quran tersebut dibaca berulang kali.

Sungguh betapa luar biasanya keutamaan bersedekah ataupun berbagi untuk orang yang membutuhkan, saat diri kita sendiri dalam keadaan sulit. Dan Insyaallah menjadi hamba pilihan yang dicintai dan dikasihi oleh Allah.

Sahabat semua bisa ikut bergabung dalam Gerakan #Orangbaik, berbagi dan peduli kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan di https://harapandhuafa.org/id/campaign