Gempa 6,7 Guncang Banten, LAZ Harapan Dhuafa Dampingi Penyintas

Gempa 6,7 Guncang Banten, LAZ Harapan Dhuafa Dampingi Penyintas

Gempa berkekuatan Magnitudo 6,7 telah mengguncang wilayah Banten yang berpusat di Sumur menyebabkan rumah dan bangunan fasilitas umum milik warga roboh. Sebanyak 459 rumah di Kecamatan Sumur mengalami kerusukan cukup parah.

LAZ Harapan Dhuafa dengan sigap mendatangi lokasi kejadian untuk menyalurkan bantuan berupa paket sembako kepada penyintas. “Saat ini LAZ Harapan Dhuafa sudah berkoordinasi dengan Posko BPBD Pandeglang yang dipusatkan di Kantor Kec. Sumur,” tutur Ii Irfan, Komandan Harfa Rescue Indonesia

Ii juga menegaskan bahwa prioritas penanganan adalah pemenuhan kebutuhan-kebutuhan. Kemudian, LAZ Harfa juga akan mendirikan posko darurat dan membantu hal-hal bersifat prioritas terlebih dahulu.

Gempa susulan juga terus terjadi membuat masyarakat panik dan harus menghindari bangunan yang rawan hancur jika terjadi gempa. Kegiatan belajar-mengajar di sejumlah daerah terdampak juga dihentikan.

“Masyarakat sangat trauma adanya tsunami namun masyarakat sudah teredukasi untuk melakukan evakuasi. Sempat terjadi Mati lampu dari jam 8 malam pagi hari baru nyala kembali.” Ujar Ayup Andisaputra Kepala Bidang Pencegahan Kesiap Siagaan BPBD Provinsi Banten.

Meskipun listrik sempat padam, namun kini listrik di Banten sudah pulih 100%. Namun, masyarakat di himbau untuk mengungsi terlebih dahulu terutama bagi warga yang tempat tinggalnya hancur dan trauma akan adanya tsunami.

“Saat ini, Kantor Kecamatan Sumur menjadi posko pusat komunikasi (Bencana Gempa) untuk program prioritas lebih fokus pada pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat seperti makan minum dan menginput data kerusakan yang ditimbulkan akibat bencana. Memang ada gempa susulan umumnya lebih kecil, terparah desa Taman Jaya dan Ujung Jaya.” Ungkap Amsor, Sekertaris Kecamatan Sumur.

Menanggapi hal tersebut, LAZ Harapan Dhuafa mengirimkan tim khusus ke lokasi terjadinya bencana (Posko Bencana Kab.Pandeglang-Sumur) dengan melakukan Assesment di Kec.Panimbang, Kec. Cibaliung dan Kecamatan Sumur. Respon lain juga diberikan, berupa;

1. Pemberian Sembako
2. Layanan Mobil Ambulance 1 Unit
3. Layanan Mobil Logistik 2 Unit
4. Pos layanan donasi
5. Pos lapangan
6. Relawan lapangan

Mari berikan doa sebanyak-banyaknya untuk para penyintas dan dukungan melalui https://harapandhuafa.org/campaign/darurat-gempa-67-sr-mengguncang-banten

Share:

Berita Terkait