38 Tahun BAB Sembarangan, Ibu Ini Akhirnya Punya Jamban Sendiri

38 Tahun BAB Sembarangan, Ibu Ini Akhirnya Punya Jamban Sendiri

Selama kurang lebih 38 tahun buang air besar (BAB) sembarangan, akhirnya keluarga Ibu Yati dan Pak Hilman berhasil memiliki jamban permanen di rumahnya.

Melalui program pemicuan CLTS (Comuntiy Lead Total Sanitation) yang dilakukan oleh LAZ Harapan Dhuafa, Alhamdulillah Ibu Yati, suami dan tiga anaknya yang tinggal di kampung Sudimanik Kec.Cibaliung ini kini tidak perlu lagi berjalan ke kebun dan kepanasan bahkan hujan-hujanan jika ingin buang air.

Kebahagiaan sangat terpancar, penantian nya memiliki jamban yang nyaman berhasil terwujud. “Alhamdulillah antara akhir Desember dan awal Januari kemarin berhasil bikin wc permanen walaupun ga semewah hotel bintang lima tapi sangat nyaman daripada bab di kebun.”

Ibu Yati merasa ter motivasi untuk membuat jamban sendiri karena sering kali diberikan pertanyaan sudah memiliki wc atau belum saat mendapatkan bimbingan dari LAZ Harfa. Ia merasa bosan dengan pertanyaan tersebut dan malu karena hanya tinggal beberapa keluarga lagi yang belum memiliki wc di RT 7 tempat ia tinggal.

Sejak 2006, LAZ Harfa fokus melakukan pendampingan kepada masyarakat tentang pentingnya menerapkan pola hidup sehat dan bersih, salah satunya dengan berhenti buang air sembarangan. https://www.youtube.com/watch?v=e0NI2zgxafw

LAZ Harfa berhasil menanamkan kesadaran bahwa memiliki jamban merupakan kebutuhan penting yang tidak dapat ditunda-tunda pembangunannya.

 

 

Share:

Berita Terkait