Dahsyatnya Sedekah Di Hari Jum’at

Responsive image

Hari jum’at, hari yang sangat mulia bagi kaum muslim. Hari yang memiliki berbagai keutamaan karena di hari jum’at terdapat waktu-waktu yang akan dikabulkan do’a. Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya.” [Muttafaqun Alaih]. Ada berbagai macam amalan yang bisa kita lakukan di hari Jum’at, seperti membaca surat Al-Kahfi, memperbanyak berdo’a, memperbanyak shalawat Nabi dan lain sebagainya. Diantara amalan-amalan tersebut ada satu amalan yang begitu dahsyat yaitu bersedekah.

Sedekah adalah salah satu amal pemberat manusia menuju Surga. Sedekah pun tidak hanya soal materi. Nasehat, menolong sesama, bahkan senyumanmu untuk Saudaramu adalah bentuk amalan. Lantas, ada pertanyaan bagaimana jika kita sedekah dalam jumlah yang sedikit? Bersedekah sesungguhnya tidak ada takaran untuk besaran jumlahnya. Karena Allah sendiri telah menjamin pahala bagi mereka yang sudah berniat ikhlas dalam bersedekah. Sedekah walaupun sedikit tapi dilakukan secara rutin itu jauh lebih baik dibandingkan banyak, namun tidak kontinyu atau bahkan sama sekali.

Di hari Jum’at pula sedekah memiliki banyak keutamaan karena sedekah dihari ini sama halnya dengan sedekah di bulan Ramadhan. Ibnu Qayyim berkata,”Sedekah di hari Jum’at dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan-bulan selainnya..” Selain itu, Allah juga akan melipatgandakan pahala bagi orang-orang yang bersedekah di hari Jum’at. Sedekah di hari Jum’at lebih baik dilakukan sebelum pergi melaksanakan shalat Jum’at dan dianjurkan juga untuk sedekah secara sembunyi tanpa diketahui orang lain agar terhindar dari sifat riya’ (pamer).

Sahabat, sungguh istimewa dan dahsyatnya hari Jum’at sampai Allah pun akan menjamin pahala bagi siapapun yang melaksanakan amalan-amalan mulia di hari Jum’at. Dengan bersedekah kita tidak hanya telah mengerjakan suatu amalan, tapi juga sebagai ungkapan rasa syukur atas segala nikmat-Nya untuk kita. Sedekah juga sebagai penggugur dosa serta untuk membantu meringankan beban para dhuafa yang hidupnya tidaklah seberuntung kita saat ini. Yuk, kita perbanyak sedekah untuk wujudkan kehidupan para dhuafa yang lebih baik.