Apa Pentingnya Menjaga Kesehatan Jiwa?

Responsive image

Bagi kebanyakan orang kesehatan mungkin adalah hal yang sepele bahkan sering diremehkan. Padahal, kesehatan adalah sesuatu yang begitu mahal. Mengapa demikian? Bisa kita lihat sekarang banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk berobat agar bisa sehat dan sembuh dari penyakit yang diderita. Sehingga, benar adanya “Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Kesehatan sendiri terbagi menjadi 2 yaitu, kesehatan fisik dan jiwa. Dalam hal ini kesehatan jiwa atau mental memegang peranan yang sangat penting karena mental yang sehat akan turut mempengaruhi kondisi fisik seseorang.

Sebagaimana dilansir dari Kemkes.go.id kesehatan mental adalah kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar. Karena penyakit mental dapat menyebabkan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari, seperti merusak interaksi atau hubungan dengan lingkungan sekitar serta juga menurunkan produktivitas.

Lantas, sebenarnya seberapa penting kesehatan mental bagi kita? Sebagaimana dikutip dari laman dosenpsikologi.com berikut adalah penjelasannya.

1. Menghindari Rasa Depresi.

Ketika mental kita terganggu maka depresi akan datang menghampiri. Depresi harus dicegah karena dapat menyebabkan hidup kita menjadi tidak berjalan normal.

2. Bisa Menyelesaikan Masalah.

Setiap orang pasti pernah dilanda masalah baik masalah yang ringan, bahkan yang paling berat. Dengan mental yang sehat akan menjamin kita untuk bisa menyelesaikan masalah dengan baik tanpa harus berputus asa.

3. Kemampuan Bersosialisasi Tinggi.

Orang yang suka menyendiri, jarang menjalin komunikasi, dan memiliki gangguan kepribadian anti sosial biasanya lebih rentan mengalami gangguan psikologis. Karena disaat sendiri pikiran akan mudah dipengaruhi oleh hal-hal yang buruk. Maka, dari itu sosialisasi sangat penting untuk membangun hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitar kita.

4. Menghindari Keinginan Bunuh Diri.

Kasus bunuh diri menjadi masalah kesehatan global yang setiap tahunnya mengalami peningkatan. Seperti dikutip dari laman WHO, kasus bunuh diri terjadi setiap 40 detik sekali di seluruh dunia.

5. Siap Menghadapi Apapun.

Ujian dan cobaan yang berat sekalipun tidak akan membuat kita mudah menyerah. Melalui mental yang sehat kita akan selalu siap menghadapi tantangan dan ujian seberat apapun itu.

6. Berpikir Jernih.

Berpikir jernih didukung oleh pemikiran dan mental yang sehat. Dengan pikiran yang jernih kita tidak akan salah langkah bahkan hilang arah dalam mengambil setiap keputusan.

7. Dapat Tertawa Lepas.

Mereka yang tertawa lepas bisa dikatakan sehat secara mental karena terbebas dari beban dan stres yang mengganggu.

8. Meningkatkan Iman.

Kesehatan mental juga dapat meningkatkan keimanan kita karena antara iman dan kesehatan mental sangatlah berkaitan. Kita bisa selalu berdoa untuk mendekatkan diri kepada Allah. Doa bisa membuat kita menjadi lebih tenang dalam jiwa dan pikiran.

9. Intropeksi Diri.

Mereka yang sedang terganggu kesehatan mentalnya tidak akan pernah bisa berintropeksi diri. Karena otak sebagai landasan perintah sudah terganggu.

10. Menjalani Kehidupan Dengan Baik.

Terkadang ketika mendapatkan masalah yang berat, hal tersebut secara tidak langsung juga akan mempengaruhi kesehatan mental kita. Sehingga membuat hidup kita kacau. Maka, dari itu mental yang sehat adalah hal yang harus senantiasa kita rawat agar hidup lebih baik dan positif.

Memelihara kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Di Hari Kesehatan Jiwa Dunia 2019 hari ini, yuk mulai dari sekarang kita galakkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan mental. Dengan dimulai dari diri sendiri mari kita tularkan semangat positif kepada orang-orang di sekitar kita. Bersama kita bisa untuk wujudkan kehidupan yang lebih baik dengan mental yang sehat.