Senantiasa Melihat Ke Bawah Agar Tidak Meremehkan Nikmat-Nya

Responsive image

Sadarkah kita, Sahabat terkadang begitu banyak nikmat dan karunia dari Allah yang kita lewatkan begitu saja. Bahkan, kita sampai meremehkan karunia yang telah diberikan oleh-Nya. Padahal, sikap seorang muslim yang baik adalah hendaknya ia selalu melihat ke bawah terutama dalam urusan harta dan segala permasalahan dunia. Hal tersebut sangat penting kita lakukan karena mengingat kita juga termasuk makhluk sosial yang pasti selalu membutuhkan orang lain dalam kehidupan ini.

Bisa kita bayangkan saat ini betapa banyak orang di bawah kita yang berada dalam belenggu jerat kemiskinan. Jangankan bisa mendapat kehidupan yang layak, terkadang untuk makan sehari-hari saja mereka kesulitan. Dengan selalu memandang orang yang di bawah kita dalam urusan dunia, maka seseorang akan bisa merealisasikan rasa syukur yang sebenarnya. Sikap itu pula yang akan membuat seseorang tidak mudah memandang remeh akan karunia dari Allah.

Sahabat, yuk mulai dari sekarang kita perbanyak muhasabah dan renungan untuk diri sendiri. Jangan terlalu silau akan dunia dan segala isinya karena kita hidup di dunia ini hanyalah sementara. Mari kita selalu bersyukur dan senantiasa melihat ke bawah ketika berada di atas. Saling tolong dan saling mengasihi antar sesama Saudara-saudara kita yang di bawah dan tidak seberuntung kita. Dengan begitu, hidup kita insyaAllah akan selalu dilimpahkan keberkahan serta nikmat yang tidak terkira. Aamiin.