LAZ Harapan Dhuafa Launching Program Budidaya Ikan dan Serah Terima Awareness Reward Pembangunan Jamban

LAZ Harapan Dhuafa Launching Program Budidaya Ikan dan Serah Terima Awareness Reward Pembangunan Jamban

Masih dalam rangka pengembangan Kampung Bina Mualaf Baduy, LAZ Harapan Dhuafa (2/2/2022) launching program budidaya ikan dan serah terima awareness reward pembangunan jamban untuk masyarakat Kp. Sampang Pendeuy, Desa Gununganten Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak-Banten.

Salah satu tujuan kegiatan ini untuk membentuk kelompok masyarakat dengan budidaya ikan yang berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan ketahanan pangan dan menjadi sumber penghasilan masyarakat.

“Program pada siang ini adalah serah terima bantuan budidaya ikan lele yang diserahkan kepada 5 anggota kelompok Kp. Bina Mualaf Baduy. Ini merupakan project pertama dan salah satu program untuk mengembangkan ekonomi masyarakat Kampung ini khususnya dan menjadi pelopor dan percontohan untuk kampung-kampung lain.” Ujar Imam Hidayat. Manager Program LAZ Harapan Dhuafa.

Imam menjelaskan budidaya ikan lele ini menggunakan sistem semi bioflok karena aerator kolam menggunakan terpal (tidak langsung ke tanah).

Kolam ikan berukuran 4m diamater lingkaran dengan tinggi 1m ini akan diisi oleh 2500 bibit ikan lele yang nantinya akan dirawat langsung oleh 5 orang anggota kelompok. Kegiatan ini juga diharapkan bisa memicu kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat dengan ekonomi yang maju.

Kemudian, kegiatan selanjutnya adalah program reward awareness pembangunan jamban yakni kegiatan simbolis penyerahan reward untuk masyarakat yang memiliki semangat luar biasa untuk membangun jamban. “reward ini diberikan kepada masyarakat yang memiliki komitmen untuk membangun jamban secara mandiri ketika proses pemicuan CLTS dilaksanakan oleh LAZ Harapan Dhuafa, reward berupa bantuan materil untuk membangun septic tank. ” tutur Imam.

Program ini juga bertujuan untuk menciptakan wirausaha sanitasi, dengan tujuan bagaimana program sanitasi yang dikenalkan kepada masyarakat bisa memberikan dampak kepada ekonomi. harapannya, masyarakat bisa mandiri membuat jamban dengan biaya yang relatif lebih terjangkau. LAZ Harapan Dhuafa juga memberikan kontribusi berupa satu paket alat cetak kloset, dudukan kloset dan septic tank agar pembangunan jamban di masyarakat memakan biaya yang lebih rendah.

Dengan mendukung penuh program yang dilaksanakan oleh LAZ Harapan Dhuafa, H. Jali selaku tokoh masyarakat Sampang Peundeuy berharap agar masyarakat menjalani seluruh program dengan baik dan penuh rasa syukur. “Harus dinikmati dan disyukuri, mudah-mudahan masyarakat disini ibadah, ekonomi dan segalanya terdukung dengan program yang ada.” tutup Jali

Share:

Berita Terkait