Bagaimana Cara Berbakti Kepada Orang Tua Yang Sudah Tiada?

Bagaimana Cara Berbakti Kepada Orang Tua Yang Sudah Tiada?

Betapa beruntungnya mereka yang masih memiliki orang tua ,apalagi bila kedua-duanya sampai berumur lanjut, yang hidup hingga kakek-nenek.  Karena hal apa demikian dikatakan beruntung, sebab mereka yang masih memiliki kedua orang tua, bisa memberikan bakti terbaik. Bila mereka mempunyai keluasan rezeki, maka mereka bisa berkesempatan mengajak kedua orang tuanya untuk umroh atau haji, meminta maaf kepada kedua orang tua, membahagiakan kedua orang tua, dan sederet perbuatan bakti lainnya.

Namun beda halnya dengan mereka yang orang tuanya sudah tiada (meninggal dunia), mau mengajak naik haji sudah tak bisa, membelikan ini itu pun tak bisa, tak seperti saat kedua orang tua masih ada. Terlebih lagi anjuran untuk memuliakan orang tua, berbakti kepada orang tua difirmankan oleh Allah SWT di dalam Al-Qur’an.

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS. Al- Isra’ [17]: 23).

Dalam tafsir Ibn Katsir disebutkan bahwa kata qadhaa dalam ayat ini berarti perintah. Sementara itu mujahid berkata artinya adalah berwasiat.

Berarti ayat ini sangat penting dan utama untuk diperhatikan dan diamalkan oleh seluruh umat Islam agar benar-benar bersemangat dalam memuliakan orangtua. Apalagi, perintah ini Allah tegaskan setelah perintah untuk ikhlas beribadah dengan tidak mempersekutukan-Nya.

Dengan kata lain, siapapun dari umat Islam yang tidak memuliakan orangtuanya berarti dia tidak berhak atas kemuliaan. Sebaliknya, kehinaan demi kehinaan akan selalu menghampiri perjalan hidupnya di dunia maupun akhirat.

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” [QS: Luqman [31]: 14]

Kedua orang tua, terutama Ibu kita adalah sumber karomah nyata di kehidupan, doa mereka untuk anak-anaknya insyaallah mustajab. Karena seperti yang disabdakan dalam sebuah hadits.

Ridha Allah tergantung pada ridha orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua” (Hasan. at-Tirmidzi : 1899, HR. al-Hakim : 7249, ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabiir : 14368, al-Bazzar : 2394)

Saat kita hendak melakukan sesuatu, hendaklah meminta restu dan doa dari kedua orang tua kita, karena ridho Allah tergantung dari pada ridho mereka (orang tua).

Lalu bagaimana cara kita berbakti dan memuliakan orang tua yang sudah tiada?

Berikut ada beberapa cara yang bisa sahabat lakukan bila ingin berbakti kepada kedua orang tua (Ibu/Ayah) yang sudah tiada.

  1. Selalu mendoakan

Mendoakan setiap habis shalat dan memohonkan ampunan untuk kedua orang tua serta diri kita. Membacakan Al- Qur’an atas nama mereka

  1. Sedekah atas nama orang tua

Ini salah satu hal paling mudah yang bisa kita lakukan, yaitu kita bersedekah atas nama orang tua kita. Terutama sedekah jariyah yang pahalanya tidak terputus, betapa bahagianya kedua orang tua kita di alam kubur saat anaknya bersedakah atas nama mereka.

  1. Menjaga nama baik orang tua

Bersikap dan berperilaku yang baik di lingkungan, menjaga harkat dan martabat nama orang tua kita dengan memiliki adab-adab yang baik dalam bergaul dan lain sebagainya. Agar orang lain juga bisa ikut mendoakan orang tua kita, misalnya karena kita berkelakuan baik dan sopan, suka membantu tetangga yang kesulitan, membantu orang yang kesusahan, rajin berinfak dan sedekah. Maka mereka akan ikut mendoakan seperti ini misalnya

“Ya Allah limpahkanlah kebaikan dan Rahmat-Mu kepada kedua orang tua dari anak ini, karena telah memelihara dan mendidik dengan baik anak-anak mereka, sehingga anak mereka pun memiliki sifat dan perilaku baik”.

Respect for other okey.

  1. Bersilaturahmi ke kerabat serta teman orang tua

Cara Berbakti kepada orang tua kita yang sudah tiada, salah satunya bisa dengan menjaga dan menjalin silaturahmi baik dengan kerabat dari orang tua kita. Menjaga hubungan baik yang pernah dijalin oleh orang tua kita kepada saudara-saudara ataupun kerabatnya.

  1. Melunasi ataupun menanggung Kewajiban Orang Tua yang belum sempat ditunaikan

Bila misalnya orang tua kita pernah berhutang, maka kita bisa berbakti dengan cara melunasi hutang mereka. Bila almarhum dari kedua orang tua kita pernah ingin bersedekah untuk yatim misalnya, maka kita yang menunaikan apa yang pernah menjadi keinginan baiknya.

Bagi sahabat semua jangan bersedih karena tak bisa memberikan bakti terbaik. Bila orang tua kita sudah tiada, kita masih bisa memberikan bakti kita. Misalnya yang paling mudah adalah dengan berinfak dan sedekah atas nama orang tua kita. Wallahu a’lam

Untuk sahabat yang ingin bersedekah dengan mudah atas nama orang tua, sahabat semua bisa bersedekah melalui harapandhuafa.org

Share:

Berita Terkait