LAZ Harfa Paparkan Kontribusinya dalam Pembangunan Kesehatan di Musrenbang Banten

LAZ Harfa Paparkan Kontribusinya dalam Pembangunan Kesehatan di Musrenbang Banten

LAZ Harapan Dhuafa (LAZ Harfa) di hadapan Wakil Gubernur, pejabat pemerintah Provinsi Banten dan semua perwakilan Bupati/Walikota se-Banten, dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Prov. Memaparkan peran kontribusinya dalam pembangunan kesehatan di wilayah Banten. Kamis, 07/04/2022.

Melalui pendampingan intens dari LAZ Harfa sebanyak 53.000 jiwa telah berubah perilakunya, dari buang air besar sembarangan, kini telah memiliki toilet sendiri dan tidak lagi melakukan buang air besar di sembarang tempat. Program LAZ Harfa ini telah sejalan dengan arah kebijakan RKP 2023 pada point percepatan infrastruktur dasar: air bersih dan sanitasi.

Bagaimana isue kesehatan mendasar ini juga terkait erat dalam kasus stunting. Sanitasi yang buruk, berperan dalam kenaikan angka stunting. Dengan sendirinya, sanitasi yang baik akan berperan besar menurunkan angka kasus stunting disamping pembenahan dari sisi gizi buruk dan layanan kesehatan lainnya.

LAZ Harfa menyampaikan bagaimana pentingnya Reformasi Birokrasi terutama terkait dengan kapasitas kepala desa yang menjadi ujung tombak dari perubahan perbaikan suatu wilayah. Kepala Desa/Lurah harus faham bagaimana mengubah pola berfikir masyarakat, memahami karakter masyarakatnya dan memiliki kapasitas dan metode bagaimana mengajak masyarakat untuk bersama-sama keluar dari permasalahan yang ada.

Dana anggaran pemerintah memang satu hal yang sangat penting, namun yang tak kalah penting adalah paradigma berfikir masing-masing pemangku kebijakan, agar memiliki sifat mandiri untuk memajukan wilayahnya masing-masing. Laz Harfa bersama elemen yang lainnya siap untuk berkontribusi memberikan yang terbaik untuk Banten.

Share:

Berita Terkait