LAZ HARFA DAN VILLA TERNAK CIKERAI BAGIKAN QURBAN HINGGA KE PELOSOK DESA DI PANDEGLANG

Responsive image

Banyak dari kita dapat menikmati daging qurban setiap tahunnya, bahkan menyimpan dan memakannya selama berhari-hari, tapi jauh di pelosok desa pandeglang sana masih banyak warga yang belum dapat merasakan nikmatnya daging qurban, dengan segala keterbatasan daging qurban itu hanya dapat mereka rasakan jika ada yang mau berbagi qurban di wilayahnya.

LAZ Harfa (Lembaga Amil Zakat Harapan Dhuafa) Banten bekerjasama dengan Villa Ternak Cikerai pada hari Selasa, 13 Agustus 2019 kembali berbagi kebahagiaan kepada para warga di pelosok desa di Pandeglang tepatnya di Kp. Leuwi Malang Desa Curug, Kec. Cibaliung Kab. Pandeglang dengan menyalurkan daging qurban amanah para mudhohi (pequrban). Salah satunya merupakan qurban sapi milik Gubernur Banten yaitu Bapak Dr. H. Wahidin Halim, M.Si.

Pada kesempatan ini, LAZ Harfa dan Villa Ternak Cikerai menyalurkan 1 ekor sapi dan 17 ekor domba. Dimana daging qurban ini disalurkan kepada lebih dari 500 jiwa. Harapannya dengan adanya sekerat daging qurban ini dapat membahagiakan para warga di pelosok desa dan memperbaiki gizi mereka yang biasanya makan hanya seadanya tanpa ada daging didalam kesehariannya.

Indah Prihanande selaku Direktur LAZ Harfa, mengungkapkan bahwa ekpediksi qurban LAZ Harfa yang tahun ini kembali menyasar warga yang memang benar-benar membutuhkan daging qurban terutama bagi warga kampung dan dhuafa yang tidak pernah makan daging qurban. “Alhamdulillah, kami telah sampaikan amanah semua para mudhohi yang berqurban melalui LAZ Harfa dan Villa Ternak Cikerai. Semoga berkah manfaat dan kebahagiaan mereka menikmati sekerat daging, semoga menjadi kebahagiaan juga untuk kita semua.”

Untuk sampai ke pelosok desa tempat penyaluran qurban, ada banyak perjuangan yang harus tim LAZ Harfa lakukan, mobil tentu tak bisa jalan melewatinya, satu-satunya yaitu adalah kendaraan roda dua. Menjelajahi jalan setapak yang menghubungkan antarkampung, dengan jalanan yang terjal bahkan berbatu. Tak cukup sampai disitu perjalanan masih harus disambung dengan menggunkana rakit atau getek bambu, alat penyebrangan untuk melewati sungai. Getek inilah satu-satunya transportasi warga yang paling dekat dan mudah, penghubung aktivitas ekonomi warga dan juga anak-anak desa menuju sekolahnya.” Tambah Indah.

Seluruh warga desa menyambut kedatangan Ekspedisi Qurban LAZ Harfa di Pelosok Desa ini, tak hanya itu bahkan anak-anak pun setia mengiringi hewan qurban dimulai saat kedatangannya dan menggiringnya hingga bisa sampai masuk ke kampungnya melewati getek dan berenang menyebrangi sungai. Anak-anak desa sangat bergembira menanti daging qurban untuk mereka bawa pulang, sebab sejak mereka lahir pun tak pernah sekali pun merasakan bagaimana kenikmatan daging qurban itu.

Sudirman selaku Kepala Desa Curug, mengungkapkan rasa terimakasih yang sebesar-sebesarnya kepada LAZ Harfa dan semua yang berqurban melalui LAZ Harfa terutama kepada bapak Gubernur Banten. “Kami sangat senang karena tahun ini kami semua bisa merasakan dan menikmati daging qurban. Warga disini memang rata-rata jika momen lebaran seperti ini jarang sekali makan daging qurban atau bahkan seumur hidupnya belum pernah merasakan sama sekali daging qurban.” Pungkas Sudirman saat menemani proses penyaluran qurban untuk warganya.

“Seneng banget tahun ini bisa dapat daging qurban, saya dan warga disini sangat terharu bisa berkesempatan makan daging qurban karena biasanya hanya satu tahun sekali itu pun kalau kami mampu membelinya dan kalau ada yang mau berqurban. Terimakasih kepada semuanya terutama kepada LAZ Harfa atas bantuannya dalam menyalurkan hewan qurban di desa kami ini.” Ungkap Arsenah, salah satu warga desa penerima manfaat.

Setelah pemotongan dan pembagian daging qurban, warga bersegera pulang kerumah untuk bisa membawanya pulang dan memasaknya dengan menu masakan terbaik sebagai menu hidangan makan bagi keluarga tercintanya. Keberkahan daging qurban dari LAZ Harfa bukan hanya memberikan kesempatan untuk mereka merasakan daging qurban akan tetapi juga memberikan kesempatan untuk mereka memenuhi kebutuhan gizi dan melengkapi kebahagiaan di Hari raya Idul Adha tahun ini.

Baca Juga:

LAZ Harfa Salurkan Daging Qurban untuk Penyintas Tsunami Selat Sunda