H-42 Menuju Ramadahan, Persiapkan Diri dengan Persiapan Ruhiyah

H-42 Menuju Ramadahan, Persiapkan Diri dengan Persiapan Ruhiyah

Tak terasa bulan ramadhan tinggal 42 hari lagi, dimana bulan penuh keberkahan dan segudang kemuliaan akan menghampiri umat muslim diseluruh dunia. Sebagai bulan yang sangat istimewa di sisi Allah swt tentu kita harus mempersiapkan diri dengan sangat baik, salah satunya dengan persiapan ruhiyah (Spiritual).

Menjelang bulan Ramadhan, memperbaiki koneksi kita dengan Allah swt menjadi salah satu wujud kebahagiaan ketika kita masih diberi kesempatan waktu untuk bertemu dengan bulan Ramadhan tahun ini.

Berikut ini beberapa amalan yang bisa dilakukan dan menjadi salah satu persiapan ruhiyah yang bisa kita lakukan untuk menyambut ramadhan tahun ini:

  1. Memperbanyak Puasa Sunnah
    Menunaikan ibadah puasa sunnah di bulan Syaban menjadi salah satu amalan yang bisa kita laksanakan menjelang bulan suci Ramadhan. Namun dalam jangka waktu satu atau dua hari memasuki bulan Ramadhan, umat kita dilarang untuk menunaikan puasa.
  2. Memperbanyak Doa dan IbadahMemperbanyak doa dan ibadah menjadi salah satu amalan yang dianjurkan menjelang bulan Ramadhan. Umat muslim berdoa dan memohon kepada Allah SWT agar dikaruniai umur panjang hingga berjumpa dengan bulan Ramadhan berikutnya, diampuni juga segala dosa-dosanya yang telah lalu serta meraih kemenangan.
  3. Memperbanyak Membaca Al-Qur’an
    Membaca Alquran mempunyai manfaat yang sangat banyak sekali. selain itu, hati dan pikiran kita akan menjadi tenang. Kita akan semakin siap menyambut datangnya bulan kemuliaan ini dengan hati dan pikiran yang lebih baik.
  4. Saling Memaafkan
    Memasuki bulan suci Ramadhan, kita harus mempersiapkan diri agar suci lahir dan batin dari segala pikiran buruk, dendam dan masalah hati. Oleh karena itu, memasuki bulan Ramadhan ini alangkah baiknya kita saling memaafkan. Dengan memaafkan dapat membebaskan diri dari kesalahan pada orang lain agar ibadah puasa dapat berjalan dengan lancar dan penuh dengan keberkahan.

Yuk, bersama-sama kita sambut bulan ramadhan dengan persiapan ruhiyah, dan memperbaiki koneksi kita dengan Allah swt dengan melakukan ibadah yang bisa kita lakukan.

 

 

 

Share:

Berita Terkait