GOTONG ROYONG BANTU TSUNAMI BANTEN, LAZ HARFA BERIKAN PELAYANAN TERBAIK

Responsive image

Tsunami di Selat Sunda yang terjadi pada Sabtu (22/12/18) di wilayah Banten dan Lampung menyisakan duka yang mendalam bagi para korban. Bencana alam yang tidak pernah disangka-sangka tersebut telah berhasil meluluhlantakkan bangunan-bangunan dekat pesisir pantai, terlebih Kawasan Selat Sunda dikenal sebagai tempat wisata dan rekreasi. Sehingga bukan hanya warga yang menjadi korban akan tetapi juga para pengunjung yang bermaksud berlibur di daerah dekat pesisir pantai khususnya wilayah Banten (Kawasan Carita, Tanjung Lesung dan Sumur) yang merupakan daerah terparah yang terkena dampak Tsunami.

GOTONG ROYONG BANTU TSUNAMI BANTEN, LAZ HARFA BERIKAN PELAYANAN TERBAIK

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika dalam Press Release yang dilakukan pada Senin (24/12/2018) bahwasanya Tsunami yang terjadi di Selat Sunda disebabkan oleh beberapa penyebab. Pertama, terjadi peningkatan intensitas erupsi Gunung Anak Krakatau yang signifikan yang kemudian menyebabkan longsoran bawah laut. Kedua, tingginya gelombang air laut yang dipengaruhi oleh intensitas curah hujan yang tinggi pada periode waktu yang berdekatan dengan Tsunami. Ketiga, adanya longsoran material di tebing Gunung Anak Krakatau, yang mana longsoran tersebut diakibatkan oleh tremor (getaran yang terus menerus) sehingga membuat volume air laut semakin meningkat dan menyebabkan terjadinya Tsunami di kawasan Pesisir Barat Banten dan Sebagian Lampung. Hal inilah yang menyebabkan Bencana Tsunami terjadi di kawasan selat Sunda dan mirisnya justru bencana alam ini tidak terprediksi sedini mungkin karena masih kekurangan alat pendeteksi dan juga pengetahuan mengenai Tsunami yang diakibatkan oleh longsor bawah laut.

Dilansir dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), data sementara dampak dari bencana Tsunami selat sunda hingga Senin (24/12/2018) pukul 17:00 WIB , tercatat 373 orang meninggal dunia, 1.459 orang luka-luka, 128 orang hilang, dan 5.665 orang mengungsi. Kerugian fisik akibat Tsunami meliputi 681 unit rumah rusak, 69 unit hotel dan villa rusak, 420 unit perahu dan kapal rusak, 60 unit warung dan toko rusak, dan puluhan kendaraan rusak.

LAZ HARFA sebagai lembaga kemanusiaan bergerak cepat dengan adanya bencana alam Tsunami yang terjadi, sejak kejadian (22/12/18) LAZ HARFA langsung mengirimkan relawan ke lokasi bencana. Bahkan hingga hari ini (25/12/2018), tim LAZ HARFA semakin luas dalam memberikan bantuan kepada para korban Tsunami pada wilayah Banten, Khususnya wilayah yang masih terisolir seperti Kecamatan Sumur. LAZ HARFA terus bergerak memberikan bantuan untuk sampai kepada korban-korban yang memang sangat membutuhkan dan masih minim bantuan. Adapun Bantuan-bantuan yang telah tersalurkan yaitu bantuan prioritas yang sangat dibutuhkan oleh para korban, seperti Bantuan logistik, Dapur Umum, Tim Medis hingga Tim evakuasi yang diterjunkan untuk memudahkan dalam mencari korban.

GOTONG ROYONG BANTU TSUNAMI BANTEN

Bantuan-bantuan yang diberikan tersebar di 9 kecamatan dimana 8 Kecamatan di Kabupaten Pandeglang dan 1 Kecamatan di Kabupaten Serang. Adapun titik-titik penyaluran bantuan setiap kecamatan yaitu Kecamatan Sumur (Desa Taman Jaya, Desa Kertajaya, Desa Sumber Jaya, Desa Tangkil Sari, dan Desa Citangkil), Kecamatan Carita (Desa Sukarame) Kecamatan Pagelaran (Desa Margasana), Kecamatan Jiput (Desa Tenjolahang), Kecamatan Cinangka (Desa Bulakan), Kecamatan Angsana (Desa Angsana), Kecamatan Panimbang (Desa Panimbang, Desa Soge, dan Desa Gombong), Kecamatan Sukaresmi (Desa Sidamukti) dan Kecamatan Labuan (Desa Teluk, Desa Jawatan, Desa Caringin, Desa Kalanganyar, dan Desa Cigondang).

LAZ HARFA Berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk ikut serta membantu para korban bencana Tsunami Khusunya di Banten. LAZ HARFA juga telah membangun posko-posko bantuan sebagai bentuk respon cepat terhadap bencana Tsunami yang terjadi. Adapun posko-posko yang dibangun LAZ HARFA tersebar diberbagai titik di Provinsi Banten yaitu POSKO Cilegon yang terletak di Jl. Letjend R. Suprapto KM. 37 Ramanuju, Cilegon. POSKO Pagelaran terletak di Kp. Kadu Parasi RT/RW 10/01 Desa Margadana/Tarogong, Kec. Pagelaran. POSKO Panimbang terletak di Kp. Sinarlaut, Desa Panimbang Jaya, Kec. Panimbang. POSKO Cinangka terletak di Kp. Tancang Kramat, Desa Bulakan, Kec. Cinangka, POSKO Sumur terletak di Kp. Kopi Kec. Sumur (SDN Kertajaya 2). POSKO Pandeglang terletak di Jl. Raya Rangkasbitung Km. 3 Sabitangtu Desa Bangkanol Kec. Koroncong Kab. Pandeglang dan terakhir POSKO Serang terletak di Jl. Ciwaru Raya Komplek Pondok Citra 1 No. 18 Kota Serang.

Direktur LAZ HARFA, Indah Prihanande menyampaikan bahwa dengan semakin baiknya pelayanan yang diberikan, maka akan semakin cepat dalam membantu memulihkan kondisi korban pasca bencana Tsunami Banten. Karena untuk saat ini tidak ada yang lebih dibutuhkan oleh para korban selain doa, kehadiran dan bantuan kita semua.