Bersedekah di Bulan Ramadan untuk Terkabulnya Doa, Bolehkah?

Bersedekah di Bulan Ramadan untuk Terkabulnya Doa, Bolehkah?

Sedekah merupakan perbuatan yang sangat disukai Allah, karena orang yang mengeluarkan sebagian hartanya untuk membantu sesama adalah sebaik-baik perbuatan manusia.

Bahkan, Syekh Abdul Qodir Al-Jailani pernah tercatat dalam sejarah dengan khutbah Jum’atnya paling pendek yang berisi anjuran untuk menolong sesama, yaitu bersedekah.

Sesuap makanan yang di sumbangkan untuk mengganjal perut orang yang sedang kelaparan, lebih baik daripada membangun seribu masjid,” kata Syekh Abdul Qodir Al-Jailani.

Kita tahu pada masa sekarang ini bahwa manusia lebih suka membangun masjid ketimbang memberi makan fakir miskin yang sedang tertidur karena menahan lapar. Selayaknya direnungkan.

Dengan memberikan sebagian harta yang tentu tidak seberapa, akan membuat penerimanya bersenang hati. Hal inilah yang akan membuat hidup manusia berkah dan segala permintaannya kepada Allah akan terkabul.

Bersedekah Berharap Doa Terkabul

Bersedekah kepada orang yang membutuhkan dengan tujuan agar doa dikabulkan sangatlah diperbolehkan, karena sedekah bagian dari amal saleh sama seperti silaturahim, dan membaca Alquran.

Menurut Abdur Rachim (2015) seseorang yang bersedekah dengan maksud segala keinginannya tercapai hal itu termasuk amal yang sangat dianjurkan para ulama. Tata caranya cukup bersedekah dengan niat mendekatkan diri kepada Allah Swt., Dan setelah itu memohon agar doa-doa dikabulkan.

Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 261:

Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.”

Ayat di atas sangat jelas bagi siapa saja yang menolong sesama akan dilipat gandakan pahalanya. Dan tentu jika dibarengi dengan iringan doa—akan semakin afdal, sehingga permintaannya cepat terkabulkan.

Sedekah di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan adalah hal yang tepat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan seperti bersedekah—membagikan takjil atau sahur kepada para pekerja informal yang penghasilannya tidak seberapa.

Dengan bersedekah di bulan Ramadan maka lipatan pahala akan semakin besar, sehingga kebaikan yang ditanam akan berbuah manis—baik di dunia atau pun di akhirat kelak.

Bahkan di Mesir para dermawan selalu mengeluarkan hartanya di bulan Ramadan/lebih sering disebut sebagai Musa’adah—mereka bekerja hanya 11 bulan dan sisanya difokuskan untuk bersedekah di bulan Ramadan.

Mereka percaya dengan memberikan sedekah di bulan Ramadan berupa uang, barang, dan makanan akan mendapatkan pahala yang berlimpah dan mendapat hidup yang berkah.

Sederhananya, bersedekah adalah sebuah perbuatan yang sangat penting untuk menolong sesama. Bahkan bersedekah untuk tujuan agar doa-doa dikabulkan adalah hal yang diperbolehkan. Tentu, akan semakin mantap jika dilakukan di bulan Ramadan.

Wallahu alam

 

Share:

Berita Terkait