Berburu Pahala di Jumat Berkah

Responsive image

Allah menciptakan dengan sempurna segala sesuatu, tak ada satupun kekurangan pada segala ciptaannya, akan tetapi ada beberap hal yang Allah lebihkan diantara banyak ciptaannya. Seperti misalnya para Nabi, walaupun para Nabi dan Rasul berasal dari golongan manusia, namun Allah angkat derajat dan istimewakan mereka dibandingkan manusia pada umumnya. Begitu juga dengan tahun, bulan dan hari-hari.

Allah istimewakan Ramadhan sebagai bulan yang penuh dengan peluang pahala, begitupun dengan hari, semua hari itu baik, namun ada satu hari yang begitu istimewa dan memiliki kelebihan dibandingkan hari yang lain, yaitu hari Jum’at.

Di antaranya hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at”

Nabi menganjurkan agar memperbanyak membaca shalawat pada hari Jumat. Dalam sebuah hadits ditegaskan: “Pebanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari dan malam Jumat. Barangsiapa membaca shalawat untuku satu kali, maka Allah membalasnya sepuluh kali”. Hadits tersebut diriwayatkan al-Baihaqi dengan beberapa sanad yang baik (hasan).

Atas Dasar itulah yang kemudian membuat LAZ Harapan Dhuafa menggagas gerakan sosial yang sengaja dirutinkan di hari Jumat, berburu pahala berkah Jumat, yaitu program berbagi nasi untuk kaum dhuafa yang bekerjasama dengan berbagai komunitas, mulai dari komunitas yang berasal dari perkumpulan hobi seperti komunitas sepeda, organisasi mahasiswa, komunitas pelajar, organisasi pemuda dan komunitas lainnya.

Setiap hari Jumat, LAZ Harapan Dhuafa melaksanakan program berbagi nasi, yang nantinya akan didistribusikan kepada kaum dhuafa dan yang membutuhkan. Seperti kepada tukang becak, ojeg, pemulung, pedagang pikul keliling dan lain sebagainya.

Untuk sahabat semua yang ingin sama-sama merutinkan berbagi kebaikan dan berburu pahala di Jumat berkah, sahabat semua bisa ikut berpartisipasi dengan berdonasi melalui www.harapandhuafa.org atau bisa datang langsung ke kantor cabang LAZ Harapan Dhuafa terdekat.